Tahun Pertama Pernikahan: Allah Menguatkan Kami

Diperjalanan ke kantor pagi ini, kami berdiskusi, & me-rewind apa yg kami alami 3 thn lalu, tahun pertama pernikahan kami. terbersit ide utk menuliskannya, smoga bs memberi smangat n optimisme kpd teman2 yg mungkin mengalami hal yg sama atau hampir sama. tentunya, sudah dapet ijin dari abi tercinta 🙂

waktu menikah Juni 2008, abi blm lama pindah kerja ke perusahaan baru, n umi msh mencari kerja (sedih jg nganggur, walo 3 bulan). alhamdulillah, ga lama, umi d terima kerja d perusahaan yg mendapatkan ijin mengelola kawasan pantai d utara Jakarta. lega…krn akhirnya, umi bs bantu abi. kami msh tinggal d rmh ibu, cm 1 bln. krn stlh itu kami komit utk mulai mandiri. stlh dapet rmh petakan (rmh yg cm terdiri dari 3 ruangan, dg sekat2 sederhana), kami pindah.

persis d waktu kami mau pindahan, d awal ramadhan 2008, abi mutusin utk tdk melanjutkan kerja d perusahaan baru tsb. hmm…tentu aja, kabar ini bikin kaget smua kluarga. ibu yg paling berasa shock-nya. krn, br 1 bln menikah, kami hrs menghadapi kesulitan. & smua kekhawatiran ibu, seakan2, tebukti. saat itu, kami cm bs blg:

“ibu, skrg bukan waktunya utk buruk sangka sm Allah. ega & bima butuh doa yg banyak, doa yg tulus dr ibu. doa-kan kami, kami bs sabar dan ikhlas melalui-nya”.

alhamdulillah, ibu bs menerima, n langsung melarang kami utk pindahan. krn biar bgmn-pun, walo cm petakan, kami mesti membayar sewa 450rb-500rb/bln, dan kami mesti cari makan sendiri. krn dlm pikiran ibu, gmn caranya spy penghasilan umi cukup utk d tabung, jd kami “dipaksa” utk tinggal d rmh ibu.

kami tegaskan kembali, stlh menikah, kami komit utk mandiri. ujian dr Allah ini justru hrs d manfaatkan dg baik, kami hrs bs menguji komitmen kecil kami.

yup, d rmh petakan yg sangat sederhana dan perabotan yg alakadarnya, justru kami merasakan kebahagiaan. bahagia krn kami memulai perjalanan panjang kami dg iringan kasih sayang Allah, melalui ujian yg d titipkan pd kami. dan kami optimis: Allah tau yg terbaik utk kami.

br 1 bln pindahan, kami d titipkan amanah baru: umi hamil!! subhanallah, kl d inget2, ekspresi kami saat itu ajaib bgt. sumringah, seneng, kawatir, bingung: campur smua jd 1 🙂

tp d pikiran kami cm 1: Allah mau nitipin anak ke kami, berarti Allah jg mau nitipin sesuatu yg lain pd kami. inget: di dlm kesulitan, ada kemudahan.

stiap menjelang akhir bln, n umi blm gajian. boro2 bs konsisten beli susu hamil, bs makan dg layak aja udah bersyukur bgt 🙂 maklum, umi cm sbg MT, dg penghasilan yg g sberapa.

abi sering bgt blg, “maafin abi y, mi. umi g bs beli baju baru, spatu baru. umi cm bs makan alakadarnya”. kl inget kata2 abi dl itu, umi msh sering aja terharu 🙂

dan umi slalu jwb, “bwt umi, yg penting abi sehat, abi g stress, abi optimis. itu udah cukup bgt bwt umi”.

yup, krn modal kami saat itu adalah DOA dan IKHTIAR. kami ga punya ortu yg mampu menopang kami scr finansial, tp kami yakin  DOA mreka yg slalu ada bwt kami, bikin kami brasa ringan melalui smuanya.

ibu tetep msh sering nyuruh kami utk pulang, spy bs nabung bwt biaya lahiran. kami tetep optimis, smua pasti ada jalannya. n satu-satunya “proposal” bantuan ibu yg akhirnya kami bersedia terima adalah mesin cuci, itupun dg perjanjian kami akan menggantinya. kl ibu ga mau d ganti, kami ga mau nerima. hehehe…sombong bener ya?? ga ada niatan bwt sombong sih, kami sedang menempa diri kami, bahwa kami harus bisa bikin ortu kami percaya dg komitmen kami.

abi smakin smangat cari2 kerja yg baru. thn 2008, lg heboh jg sm PHK. jd dr skian byk lamaran yg abi kirim, cm sedikit yg akhirnya bs d ikutin tes-nya. yang paling keliatan ada move-nya, rekrutmen CPNS kementerian keuangan. 1 doa kami yg slalu hadir dalam rangkaian doa kami hingga hari ini:

“Ya Allah, kami ingin, keberadaan keluarga kecil kami senantiasa memberikan manfaat bagi kluarga dan lingkungan kami. kami ingin, keberadaan keluarga kecil kami tdk menjadi fitnah bagi kluarga lainnya. kami ingin, keberadaan kami tdk menyusahkan kluarga  dan lingkungan kami. kami mohon dg sangat, berikanlah kami kesabaran, keikhlasan, dan kekuatan utk dpt menjalani stiap nikmat yg Engkau titipkan pd kami”.

dan umi msh sangat ingat, awal Desember 2008, pengumuman final tes CPNS abi…stlh dhuha d kantor, umi d telpon abi n dpt kbr kl abi lulus cpns kementerian keuangan, dan stlh itu sujud panjang n rangkaian ungkapan syukur kami ga pernah putus.

eits, jgn salah, ga berarti smuanya berjalan mulus stlh abi mulai kerja lagi. justru, kami memulai babak baru dlm pelajaran sabar n ikhlas. dan kami yakin, dalam hidup ini, pelajaran n ujian ttg sabar n ikhlas ga kan ada habisnya. kadang dalam bentuk yg sama, kadang dlm bentuk yg beda. bisa dlm wujud kesulitan/kesempitan, bs jg dlm wujud kemudahan/kelapangan.

apapun bentuknya, kapanpun masa-nya, kami hrs siap menghadapinya. krn 1 yg kami yakini: Allah ga akan menguji kami melebihi batas kemampuan kami.

yg pasti, ujian d tahun pertama pernikahan kami, alhamdulillah bs meninggalkan hikmah yg LUAR BIASA utk kami, yg bs jd pelajaran utk tahun2 berikutnya. dan ujian kami saat itu jd MODAL besar dan ga ternilai harganya. walo kami sadar, ujian kami tdk-lah ada apa2nya d banding dg nikmat yg Allah titipkan, tdk ada apa2nya d banding dg ujian yg d alami oleh teman2 kami yg lain. 

bwt temen2 yg lg berasa “sempit”, inget Allah, maka smua akan terasa ringan. perbanyak doa n ikhtiar. doa yg tulus, ikhtiar yg maksimal. slanjutnya, pasrahkan sm Allah. 

bwt temen2 yg lg merasakan “kelapangan”, inget Allah jg. banyak2 bersyukur, banyak2 berbagi, dan pastinya manfaatkan kelapangan saat ini utk sgera MEMBUAT PLAN!!! 🙂

kami ga bs membuat PLAN dr awal pernikahan kami, slain krn ga ada kemampuan, blm dapet ilmu-nya jg. maka kami br bs mulai saat ini. n ga ada alasan bwt bikin alasan lagi, SEGERA DIMULAI!! 🙂 

kl nge-liat orang yang SUKSES MANDIRI, kami cm bs bilang DIA AJA BISA, KENAPA KAMI TIDAK?!

dan inget loh…Allah itu mengikuti prasangka hamba-Nya. kl qt slalu mikir susaaaah terus, pesimis terus, yaaa…jangan salahin siapa2. cb deh, ubah mindset-nya, baik sangka pd Allah, n yakin Allah akan mencukupkan sgala kebutuhan qt. kl udah, bismillah…IKHTIAR MAKSIMAL dong ya…

have a good day 🙂

_ummu hafshah_

In Our Family: Let Abi Fight for d’life, n Ummi will Do d’rest (Biarin deh abi yg Nyari duit, Umi yg ngatur)

Jakarta — Waktu umi msh d kantor lama, pernah dengerin Mario Teguh “Golden Ways” scr life di acara kantor. ada 1 quote yg msh d inget, krn scr g langsung kami sedang melakukannya.

“biarkan para wanita (istri) yg menjadi kepala keluarga, dan para suami bs fokus menjadi kepala kehidupan”.

dan itu yg ternyata kami terapkan dr awal pernikahan kami. abi bener2 fokus mencari nafkah, n berkarya. g pusing2 mikirin cukup ato ga, yg penting stiap abi perlu dana, alhamdulillah slalu ada.

abi bs asik dg “dunia”nya, mikir bgmn caranya utk meningkatkan penghasilan rumahtangga. ga perlu pusing, dana pendidikan anak2, dana pensiun, investasi, cicilan rumah, biaya2 bulanan, dan hal remeh temeh lainnya, yg cuma “menghabiskan” waktu n energi abi aja.

dan umi jg konsen utk me-manage rumahtangga dg sgala pritilannya, tanpa terbebani hrs kreatif “mencari” tambahan.

 walo bgitu, kami ga jln sendiri2. abi tetep share apa aja yg lg d kerjakan. dan umi jg slalu share, apa aja yg sdang umi rencanakan n lakukan. kami fokus dg tanggungjawab kami masing2.

umi bnr2 mengoptimalkan smua potensi yg ada d abi. smakin byk waktu n ruang pikir abi yg luang, smakin produktif jg abi dlm mencari nafkah.

dan abi bnr2 mengoptimalkan smua potensi umi. umi d ksh amanah ga cm skedar sbg istri dg list belanja bulanan, ato daftar pengeluaran rumahtangga. tp umi bnr2 d jadikan partner dlm mencari nafkah, dan me-manage smua potensi kluarga kami shg menjadi lebih bermanfaat.

 n we enjoy it!! itu yg paling penting, kami menikmati peran kami masing2.

 bagaimana dg teman2??

 _ummu hafshah_

Tetangga adalah Saudara Terdekat

Jakarta —  terinspirasi sm salah 1 habit baik Rasulullah n Sahabiyah yg ga pernah menyisakan makanan d rumah, dan yg gemar berbagi dg siapa aja walo utk hidangan yg sederhana. plus niat menunaikan command abiya tersayang, setiap wiken mulai dr 3 pekan yg lalu, kami mulai membiasakan sesekali membuat hidangan dlm porsi yg sedikit lebih banyak dr biasanya.

walaupun cm skedar bubur kacang hijau, ato kolak pisang-ubi…tp kl diolah sepenuh hati n penuh semangat, insyaAllah nikmatnya berlipat 🙂 

nah, kami-pun berbagi pahala di rumah. umi&abi bertugas belanja, ijah&teteh mengolahnya, umi menyajikannya, dan ijah-teteh-kk-dd mengantarnya ke tiap2 rumah d RT kami. smua d rmh kebagian tugas, mulai dr abiya smp dd syifa.

kk n dd paling suka kl delivery time, mreka sibuk bolak balik k rumah anter mangkok kosong, dan ambil mangkok berisi bwt di sebar lagi. hmm…smoga jd sarana pembelajaran bwt mreka utk gemar berbagi walo tanpa momen khusus-pun. 

subhanallah, pekan kemarin kami keduluan sm tetangga kami. sepiring tahu goreng yg maknyus d antar k rmh kami. alhamdulillah, sore itu kami masak tahu tumis kangkung yg cukup byk, jd bs mulangin piring yg ada isinya 🙂

dan semalem…alhamdulillah, ada puding buah yg segar d kirim oleh tetangga kami yg lain 🙂 

hmm…ada hikmah yg bs kami ambil dr kebiasaan sederhana ini. bukan balasan dr orang lain, bukan dr hidangan apa yg kami berikan n kami terima. tp kami merasakan pintu rumah kami semakin terbuka lebar, shg semakin terasa sejuk, semakin terasa aliran kasih sayang dr arah manapun, dr siapapun. dan, memang Rasulullah mencontohkan kebiasaan baik pasti krn ada manfaatnya. yup, insyaAllah semakin bisa mempererat kekeluargaan antara kami & tetangga kami, bisa smakin mencodongkan hati2 kami kepada sang Pemilik Hati 🙂 

“tetangga-mu adalah saudara terdekat-mu”, InsyaAllah bukan sekedar slogan. 

smoga jd habit yg baik di lingkungan kami, di awali d bulan Ramadhan tahun ini, & smoga konsisten. mari qt berlomba2 menjemput sayang & ridha Allah 🙂 

 

_ummu hafshah_

Allah Maha Tahu sgala yg Terbaik untuk stiap hamba-Nya

Kartu Kredit dan Perencanaan Keuangan

Jakarta — Byk baca tulisan dr para perencana keuangan, nemu 1 benang merah yg jd kunci sukses utk komitmen dlm merencanakan keuangan, yaitu: SAY NO TO CREDIT CARD. mereka nyebut CC sbg “jebakan batman” yg bikin qt makin konsumtif n makin jauh dlm realisasi PLAN qt. knp disebut jebakan batman? krn promo2 yg menarik, mulai dr cashback, diskon2 dsb, sbenernya hanya salah 1 strategi utk memicu qt utk melakukan 1 hal = BELANJA. ga berasa, sampe akhirnya awal bln terima tagihan yg numpuk, n ngurangin jatah alokasi menabung n investasi.

 

so, it’ll be better kl mo belanja ya pake uang real yg d miliki saat ini, jgn gadaikan hari esok utk keperluan saat ini. kl d pikir2, kl qt komit utk blanja dg CASH (bukan dg CC), bakalan nge-jaga qt utk tdk konsumtif. lah wong uang-nya ga ada, mo blanja pake apa??

 

buat yg msh pake CC, cb d pikir ulang…apakah emang krn kebutuhan? atau krn adanya keinginan utk menuhin lifestyle yg ga ada matinya? you decide 🙂

 

apakah sgala kemampuan finansial saat ini akan dihabiskan begitu saja hanya utk yg namanya lifestyle (saat ini)? atau sgala kemampuan finansial saat ini akan dikelola sedemikian rupa utk dapat mempertahankan lifestyle (saat ini) tetep eksis hingga hari tua nanti? n again, you decide 🙂

 

best regards,

 

-ummu hafshah-

 

 

 

_alhamdulillah, komitmen abi utk nolak CC sangat ngebantu bikin cashflow qt lebih sehat. dan jangan lupa, INVESTASI AKHIRAT tetep yg PALING UTAMA_

Halal dan Haram, Sedikit dari Al-Wafi

Abu Abdillah Nu’man bin Basyir r.a. berkata, Aku mendengar Rasulullah Saw. Bersabda,

“sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram juga jelas. Antara keduanya ada perkara samar yang tidak diketahui banyak orang. Orang yang menghindari perkara samar, berarti memelihara agama dan harga dirinya. Sedangkan orang yang jatuh dalam perkara samar, berarti jatuh dalam perkara haram. seperti penggembala yang menggembala dekat daerah terlarang, tentu sangat riskan, suatu saat hewan gembalaannya pasti akan memasuki daerah terlarang itu. ketahuilah, setiap raja memiliki daerah terlarang. ingatlah bahwa daerah larangan Allah adalah apa yang diharamkan-Nya. ketahuilah, di dalam tubuh manusia terdapat segumpal daging. jika ia baik, seluruh tubuhnya pun baik, dan jika ia rusak, seluruh tubuh pun rusak. ketahuilah, segumpal daging itu adalah hati.” (h.r. Bukhari dan Muslim)

Ahammiyatul Hadits (Urgensi Hadits)

hadits ini sangat penting karena memiliki pengertian dan manfaat yang besar. pengertiannya adalah tentang hal yang Haram, Halal dan samar. Ingat, Samar hanya sedikit orang yang mengetahuinya (maka jadilah yang sedikit itu). Dan tentunya manfaatnya juga sangat besar, yaitu menjaga hati agar tidak rusak.

semoga yang membaca mendapatkan keberkahan dari Allah Swt. Amin..

dipersembahkan teruntuk Istriku yang cantik.. semoga engkau memahami yang samar.. Amin.

Berita Kelahiran Putri Pertamaku..

Hafshah Althafunisaa'

Hafshah Althafunisaa'

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Alhamdulillah Telah Lahir Putri Pertama Kami ” Hafshah Althafunisaa’ ”
Pada Hari Kamis Dini Hari Pukul 01.45 di Rumah Sakit Islam Jakarta, Cempaka Putih
Dengan Berat Badan : 2800 Gram dan Panjang Badan : 49 Cm

Saat Ini kondisi Putri dan Bundanya Sehat, karena Doa dari Sahabat Semua.
Kami Memohon Doa agar Kelak Putri Kami dapat Menjadi Putri Sholeh, Pintar, dan Dapat Membawa Perubahan Kearah yg Lebih Baik, Amin.
dan Kami Haturkan Terimakasih kepada Allah Swt dan Rosulnya, seluruh Keluarga, Sahabat dan juga Anda semua atas Doa dan Dukungannya selama Pra Persalinan
saat Persalinan Maupun Pasca Persalinan.

salam,
-Bima, Vega dan Hafshah-

Mahesa Harya Bima, S, Kom.

50 Tahun Mendatang Anak Kita…

” 50 th yang akan datang…

mungkin kita sudah mati dan jasad kita dikubur entah dimana; atau sedang tua renta sehingga harus berpegangan tongkat untuk berjalan; atau sedang menjemput syahid di jalan Allah di hari yang sama dengan hari ketika kita bertemu sekarang dan jam yang sama dengan jam saat kita berbincang di tempat ini; atau kita sedang menunggu kematian datang dengan kebaikan yang besar dan bukan keburukan.

Allahuma amin…

50 th yang akan datang…

anakanak kita mungkin sudah tersebar di seluruh dunia. saat itu, mungkin ada yang sedang menggugah inspirasi umat Islam seluruh dunia, berbicara dari Mesir hingga Amerika, dari Mekkah Al-Mukarramah hingga Barcelona. Ia menggerakkan hati dan melakukan proyekproyek kebaikan, sehingga kotakota yang pada zaman keemasn Islam yang terang benderang oleh CahayaNya, dari Gibraltar hingga Madrid, dari Istanbul hingga Shenzhen, kembali dipenuhi gemuruh takbir saat pengujung malam datang. Sementara siangnya mereka seperti singa kelaparan yang bekerja keras menggenggam dunia. Mereka membasahi tubuhnya dengan keringat karena kerasnya mereka bekerja meski segala fasilitas telah mereka dapat, sementara pada malah hari mereka membasahi wajah dan hatinya dengan air mata karena besarnya rasa takut kepada Allah Ta’ala. Rasa Takut yang bersumber dari cinta dan taat kepadaNya

Baca lebih lanjut