Tahun Pertama Pernikahan: Allah Menguatkan Kami

Diperjalanan ke kantor pagi ini, kami berdiskusi, & me-rewind apa yg kami alami 3 thn lalu, tahun pertama pernikahan kami. terbersit ide utk menuliskannya, smoga bs memberi smangat n optimisme kpd teman2 yg mungkin mengalami hal yg sama atau hampir sama. tentunya, sudah dapet ijin dari abi tercinta🙂

waktu menikah Juni 2008, abi blm lama pindah kerja ke perusahaan baru, n umi msh mencari kerja (sedih jg nganggur, walo 3 bulan). alhamdulillah, ga lama, umi d terima kerja d perusahaan yg mendapatkan ijin mengelola kawasan pantai d utara Jakarta. lega…krn akhirnya, umi bs bantu abi. kami msh tinggal d rmh ibu, cm 1 bln. krn stlh itu kami komit utk mulai mandiri. stlh dapet rmh petakan (rmh yg cm terdiri dari 3 ruangan, dg sekat2 sederhana), kami pindah.

persis d waktu kami mau pindahan, d awal ramadhan 2008, abi mutusin utk tdk melanjutkan kerja d perusahaan baru tsb. hmm…tentu aja, kabar ini bikin kaget smua kluarga. ibu yg paling berasa shock-nya. krn, br 1 bln menikah, kami hrs menghadapi kesulitan. & smua kekhawatiran ibu, seakan2, tebukti. saat itu, kami cm bs blg:

“ibu, skrg bukan waktunya utk buruk sangka sm Allah. ega & bima butuh doa yg banyak, doa yg tulus dr ibu. doa-kan kami, kami bs sabar dan ikhlas melalui-nya”.

alhamdulillah, ibu bs menerima, n langsung melarang kami utk pindahan. krn biar bgmn-pun, walo cm petakan, kami mesti membayar sewa 450rb-500rb/bln, dan kami mesti cari makan sendiri. krn dlm pikiran ibu, gmn caranya spy penghasilan umi cukup utk d tabung, jd kami “dipaksa” utk tinggal d rmh ibu.

kami tegaskan kembali, stlh menikah, kami komit utk mandiri. ujian dr Allah ini justru hrs d manfaatkan dg baik, kami hrs bs menguji komitmen kecil kami.

yup, d rmh petakan yg sangat sederhana dan perabotan yg alakadarnya, justru kami merasakan kebahagiaan. bahagia krn kami memulai perjalanan panjang kami dg iringan kasih sayang Allah, melalui ujian yg d titipkan pd kami. dan kami optimis: Allah tau yg terbaik utk kami.

br 1 bln pindahan, kami d titipkan amanah baru: umi hamil!! subhanallah, kl d inget2, ekspresi kami saat itu ajaib bgt. sumringah, seneng, kawatir, bingung: campur smua jd 1🙂

tp d pikiran kami cm 1: Allah mau nitipin anak ke kami, berarti Allah jg mau nitipin sesuatu yg lain pd kami. inget: di dlm kesulitan, ada kemudahan.

stiap menjelang akhir bln, n umi blm gajian. boro2 bs konsisten beli susu hamil, bs makan dg layak aja udah bersyukur bgt🙂 maklum, umi cm sbg MT, dg penghasilan yg g sberapa.

abi sering bgt blg, “maafin abi y, mi. umi g bs beli baju baru, spatu baru. umi cm bs makan alakadarnya”. kl inget kata2 abi dl itu, umi msh sering aja terharu🙂

dan umi slalu jwb, “bwt umi, yg penting abi sehat, abi g stress, abi optimis. itu udah cukup bgt bwt umi”.

yup, krn modal kami saat itu adalah DOA dan IKHTIAR. kami ga punya ortu yg mampu menopang kami scr finansial, tp kami yakin  DOA mreka yg slalu ada bwt kami, bikin kami brasa ringan melalui smuanya.

ibu tetep msh sering nyuruh kami utk pulang, spy bs nabung bwt biaya lahiran. kami tetep optimis, smua pasti ada jalannya. n satu-satunya “proposal” bantuan ibu yg akhirnya kami bersedia terima adalah mesin cuci, itupun dg perjanjian kami akan menggantinya. kl ibu ga mau d ganti, kami ga mau nerima. hehehe…sombong bener ya?? ga ada niatan bwt sombong sih, kami sedang menempa diri kami, bahwa kami harus bisa bikin ortu kami percaya dg komitmen kami.

abi smakin smangat cari2 kerja yg baru. thn 2008, lg heboh jg sm PHK. jd dr skian byk lamaran yg abi kirim, cm sedikit yg akhirnya bs d ikutin tes-nya. yang paling keliatan ada move-nya, rekrutmen CPNS kementerian keuangan. 1 doa kami yg slalu hadir dalam rangkaian doa kami hingga hari ini:

“Ya Allah, kami ingin, keberadaan keluarga kecil kami senantiasa memberikan manfaat bagi kluarga dan lingkungan kami. kami ingin, keberadaan keluarga kecil kami tdk menjadi fitnah bagi kluarga lainnya. kami ingin, keberadaan kami tdk menyusahkan kluarga  dan lingkungan kami. kami mohon dg sangat, berikanlah kami kesabaran, keikhlasan, dan kekuatan utk dpt menjalani stiap nikmat yg Engkau titipkan pd kami”.

dan umi msh sangat ingat, awal Desember 2008, pengumuman final tes CPNS abi…stlh dhuha d kantor, umi d telpon abi n dpt kbr kl abi lulus cpns kementerian keuangan, dan stlh itu sujud panjang n rangkaian ungkapan syukur kami ga pernah putus.

eits, jgn salah, ga berarti smuanya berjalan mulus stlh abi mulai kerja lagi. justru, kami memulai babak baru dlm pelajaran sabar n ikhlas. dan kami yakin, dalam hidup ini, pelajaran n ujian ttg sabar n ikhlas ga kan ada habisnya. kadang dalam bentuk yg sama, kadang dlm bentuk yg beda. bisa dlm wujud kesulitan/kesempitan, bs jg dlm wujud kemudahan/kelapangan.

apapun bentuknya, kapanpun masa-nya, kami hrs siap menghadapinya. krn 1 yg kami yakini: Allah ga akan menguji kami melebihi batas kemampuan kami.

yg pasti, ujian d tahun pertama pernikahan kami, alhamdulillah bs meninggalkan hikmah yg LUAR BIASA utk kami, yg bs jd pelajaran utk tahun2 berikutnya. dan ujian kami saat itu jd MODAL besar dan ga ternilai harganya. walo kami sadar, ujian kami tdk-lah ada apa2nya d banding dg nikmat yg Allah titipkan, tdk ada apa2nya d banding dg ujian yg d alami oleh teman2 kami yg lain. 

bwt temen2 yg lg berasa “sempit”, inget Allah, maka smua akan terasa ringan. perbanyak doa n ikhtiar. doa yg tulus, ikhtiar yg maksimal. slanjutnya, pasrahkan sm Allah. 

bwt temen2 yg lg merasakan “kelapangan”, inget Allah jg. banyak2 bersyukur, banyak2 berbagi, dan pastinya manfaatkan kelapangan saat ini utk sgera MEMBUAT PLAN!!!🙂

kami ga bs membuat PLAN dr awal pernikahan kami, slain krn ga ada kemampuan, blm dapet ilmu-nya jg. maka kami br bs mulai saat ini. n ga ada alasan bwt bikin alasan lagi, SEGERA DIMULAI!! :) 

kl nge-liat orang yang SUKSES MANDIRI, kami cm bs bilang DIA AJA BISA, KENAPA KAMI TIDAK?!

dan inget loh…Allah itu mengikuti prasangka hamba-Nya. kl qt slalu mikir susaaaah terus, pesimis terus, yaaa…jangan salahin siapa2. cb deh, ubah mindset-nya, baik sangka pd Allah, n yakin Allah akan mencukupkan sgala kebutuhan qt. kl udah, bismillah…IKHTIAR MAKSIMAL dong ya…

have a good day🙂

_ummu hafshah_

2 Komentar

  1. Pengalaman yang justru akan menambah kedewasaan dan kemadirian dalam membina keluarga,
    pengalaman saya tidak jauh seperti itu, dari sejak menikah saya nggak pernah nyampur sama orang tua
    alhamdulillah punya rumah setelah 15 tahunan ngontrak

  2. my website…

    http://tadika.tk

    terima kasih…

    QK3YJ-RWUZ3-FIA6V-CP4AV-VEKVC


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • RSS News and Tutorial

    • Hukum Cerai di Masa Depan Desember 3, 2016
      HUKUM TALAK MASA AKAN DATANG Assalammu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Bismillahirrahmaanirrahim, Selamat siang Ustadz yang dirahmati Allah SWT, mohon maaf mengganggu waktunya.. Saya ingin bertanya terkait permasalahan keluarga. Pada saat ini saya sedang menjalani masa iddah dengan Istri saya (sedang dalam masa iddah talaq 1). Dan Istri saya pada s […]
      Konsultasi Syariah
    • Tidak Direstui karena Wanita Lebih Tua November 14, 2016
      HUBUNGAN TIDAK DIRESTUI KARENA UMUR WANITA LEBIH TUA Assalamualaikum ustad, perkenalkan nama saya laki-laki, saya memiliki sedikit problem yg tidak bisa saya pecahkan sendiri. Saya memiliki seorang kekasih (wanita) sebut saja Putri (nama samaran) yang berusia 4tahun lebih tua dibandingkan dengan usia saya. Hubungan kami berjalan atas dasar sama sama suka. Ke […]
      Konsultasi Syariah
    • Hukum Najis di Jalanan di Musim Hujan November 12, 2016
      HUKUM NAJIS AIR DAN TANAH DI JALAN SAAT MUSIM HUJAN Asslm wr wb. Saya mau menanyakan tentang najis saat musim penghujan, saat musim hujan tidak jarang rumah saya tergenang air (banjir) yang berasal dari lubang tempat pembuangan air, dan lubang pembuangan air tersebut tempat membuang najis seperti kencing dsb. Yang saya tanyakan 1. Apakah air banjir yang bera […]
      Konsultasi Syariah
    • Hukum Menutup Aib Dosa November 12, 2016
      HUKUM MENUTUP MEMBUKA AIB DOSA DIRI SENDIRI Assalamualaikum ustadz, saya sedang bingung karena sahabat saya (seorang istri) yg terus menerus curhat mengenai penyesalannya karena telah selingkuh dari suaminya. Dia dirayu terus menerus hingga akhirnya berzina dengan laki-laki lain. Namun suaminya tidak mengetahui bahwa sang istri selingkuh. TOPIK SYARIAH ISLAM […]
      Konsultasi Syariah
    • Suami Ingkar Ucapan Talak November 6, 2016
      SUAMI TIDAK MENGAKUI (INGKAR) UCAPAN TALAK Assalamua'alaikum wr wb perkenalkan saya laki-laki, saya mau mengajukan pertanyaan dan mohon solusinya ustad Saya adalah pria 36 tahun dan menikah sudah 7 tahun, jadi begini ustad, pada saat kira2 usia perkawinan saya 1 tahun, saya bertengkar hebat dengan istri karena dia suka membantah, pada saat itu istri sem […]
      Konsultasi Syariah
  • RSS news.detik