“mainan” baru kk: mesin ATM

Dulu, waktu kk msh 1 tahun-an, kk cm ngerti umi-abi g punya uang. yg punya uang cm neneknya. soale kl bongkar tas n dompet umi-abi, jarang bgt nemu uang, yg ada cm kartu2 aja. tp, kl bongkar2 tas nenek, slain nemu roti n permen, slalu nemuin uang yg warna warni. makanya kk slalu blg, “bua, mnt wut dong. miya-biya g punya wut” (baca: nenek, minta duit dong. umi-abi g punya duit).

nah, belakangan ini, kk sering d ajak umi bwt ambil uang d atm. atm yg ada bilik-nya, ataupun atm yg g pke billik. kk cm d gendong, tp kl pas uang kluar, mesti dia yg ngambil. jd experience tersendiri bwt kk ngeliat ada benda, yg cm d pencet2, trs bs ksh kk uang. kk excited bgt 🙂

awalnya, ga jd concern umi. tp stlh k atm yg terakhir kali, kk komen “umi, enak ya, dapet duit. besok2 kl ini (nunjukin uang yg br kluar dr atm) udah abis, kita ambil lg y”.

hmmm…jd PR umi dlm wkt 1-2th k depan, kk mesti d ksh pengertian yg pas ttg uang n ATM. kl ga d ksh pengertian, bisa2 kk mikir ATM itu jd benda yg sangat baik hati, yg bs kasih qt uang kapan saja, n tanpa hrs berusaha apapun. wah wah wah…kl ky gt, kk cantik bs jd orang yg boros nanti waktu gedenya.

skrg, umi cm bs blg “umi mesti kerja dl, ka. br kita, kapan2, bs ambil uang lg d sini. kl umi blm kerja lg, uang yg d sini abis, qt g bs ambil uang lg deh. kl kk udah skolah, umi critain y”.

banyak baca ttg keuangan keluarga, termasuk gmn cara ksh pendidikan ttg keuangan k anak2, bikin kami jd aware kl kesadaran ttg prencanaan keuangan itu mesti ditanamkan dr awal. dan anak2, spt biasanya, sdikit banyak mesti ngikutin/nerapin pola asuh mreka ktk mreka besar nanti. well, kk n dd emang msh terlalu kecil utk d ksh tau byk hal ttg uang. skrg ini, kami cm bs ksh contoh hal2 kecil yg sederhana.

kami ngebayangin, kl udah umur 6 tahun-an, n udah sadar itung2an THR/uang saku lebaran dr kakek-nenek n om-tante, bakalan komen ky apa ya kk n dd? kayanya kami bakalan jelasin rekening Logam Mulia kami sm kk n dd, krn THR mreka udah b’ubah bentuk 🙂

_ummu hafshah_

Iklan

2 Komentar

  1. itu harganya berapa yah?

  2. To Refalya: harga apa yah?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • RSS News and Tutorial

    • Suami Cerai Istri dengan Talak 3 Jatuh Talak Berapa? Maret 29, 2017
      TALAK TIGA HARUSKAH MENIKAH DENGAN ORANG LAIN KALAU MAU RUJUK Assalamualikum Wr Wb, Yang terhormat ,Pak ustad Dengan ini saya mau menanyakan perihal talak 3 yang di ajukan suami saya , karena kecemburuannya, sebelumnya kami belum pernah bercerai, baru 6 bulan ini rumah tangga saya berantakan, di akhir semuanya suami saya menjatuhkan talak 3 lewat sms, yang d […]
      Konsultasi Syariah
    • Hukum Jabat Tangan atau Salaman Bukan Muhrim Maret 3, 2017
      Hukum Jabat Tangan atau Salaman antara pria wanita Bukan Muhrim Perempuan dalam konteks hubungannya dengan laki-laki ada dua macam yaitu wanita mahram (secara salah kaprah disebut muhrim) yang memiliki hubungan sangat dekat atau perempuan non-mahram (Arab, ajnabiyah). Wanita bukan mahram ada tiga macam: dewasa, anak kecil dan usia lanjut. Dalam syariah Islam […]
      Konsultasi Syariah
    • Canda Menikah, Apakah Sah? Maret 1, 2017
      NIKAH SECARA BERCANDA APAKAH SAH DAN JADI KAWIN BENERAN? Assalamualaikum Ustadz saya mau bertanya Apakah bercanda seperti ini menjadi sah menikah. Padahal saya tidak ada sedikitpun niat untuk menikah baik serius ataupun bercanda. Saya seorang wanita janda (A). Saat sedang di kantor selesai bekerja, kami sedang menonton tv. Singkat cerita, berbincang masalah […]
      Konsultasi Syariah
    • Mengambil Barang yang Rusak Februari 24, 2017
      MENGAMBIL BARANG YANG SUDAH RUSAK Assalamualaikum wr.wb Pak ustadz saya ada pertanyaan begini pak kakak saya kan bekerja di sebuah pabrik lensa kamera pak. beberapa waktu yang lalu kakak saya pulang kerumah membawa beberapa lensa kecil yang sudah rusak atau kata kakak saya istilahnya NG untuk ditunjukan kepada keluarga pak. 1. pertanyaan saya apakah yang dil […]
      Konsultasi Syariah
    • Bisnis Haram Ayah Ibu Februari 24, 2017
      IBU JUALAN BARANG HARAM Assalamualaikum Ustadz, Saya ingin bertanya, sebelumnya saya ingin menjelaskan sedikit hal. Begini pak ustadz, ibu saya mencari uang untuk kebutuhan sehari-hari namun saya tahu caranya tidak halal yaitu membuka usaha karaoke dan menjual barang-barang haram seperti miras. Hasil dari usahanya itu di belanjakan untuk makanan dll, tapi da […]
      Konsultasi Syariah
  • RSS news.detik