“mainan” baru kk: mesin ATM

Dulu, waktu kk msh 1 tahun-an, kk cm ngerti umi-abi g punya uang. yg punya uang cm neneknya. soale kl bongkar tas n dompet umi-abi, jarang bgt nemu uang, yg ada cm kartu2 aja. tp, kl bongkar2 tas nenek, slain nemu roti n permen, slalu nemuin uang yg warna warni. makanya kk slalu blg, “bua, mnt wut dong. miya-biya g punya wut” (baca: nenek, minta duit dong. umi-abi g punya duit).

nah, belakangan ini, kk sering d ajak umi bwt ambil uang d atm. atm yg ada bilik-nya, ataupun atm yg g pke billik. kk cm d gendong, tp kl pas uang kluar, mesti dia yg ngambil. jd experience tersendiri bwt kk ngeliat ada benda, yg cm d pencet2, trs bs ksh kk uang. kk excited bgt 🙂

awalnya, ga jd concern umi. tp stlh k atm yg terakhir kali, kk komen “umi, enak ya, dapet duit. besok2 kl ini (nunjukin uang yg br kluar dr atm) udah abis, kita ambil lg y”.

hmmm…jd PR umi dlm wkt 1-2th k depan, kk mesti d ksh pengertian yg pas ttg uang n ATM. kl ga d ksh pengertian, bisa2 kk mikir ATM itu jd benda yg sangat baik hati, yg bs kasih qt uang kapan saja, n tanpa hrs berusaha apapun. wah wah wah…kl ky gt, kk cantik bs jd orang yg boros nanti waktu gedenya.

skrg, umi cm bs blg “umi mesti kerja dl, ka. br kita, kapan2, bs ambil uang lg d sini. kl umi blm kerja lg, uang yg d sini abis, qt g bs ambil uang lg deh. kl kk udah skolah, umi critain y”.

banyak baca ttg keuangan keluarga, termasuk gmn cara ksh pendidikan ttg keuangan k anak2, bikin kami jd aware kl kesadaran ttg prencanaan keuangan itu mesti ditanamkan dr awal. dan anak2, spt biasanya, sdikit banyak mesti ngikutin/nerapin pola asuh mreka ktk mreka besar nanti. well, kk n dd emang msh terlalu kecil utk d ksh tau byk hal ttg uang. skrg ini, kami cm bs ksh contoh hal2 kecil yg sederhana.

kami ngebayangin, kl udah umur 6 tahun-an, n udah sadar itung2an THR/uang saku lebaran dr kakek-nenek n om-tante, bakalan komen ky apa ya kk n dd? kayanya kami bakalan jelasin rekening Logam Mulia kami sm kk n dd, krn THR mreka udah b’ubah bentuk 🙂

_ummu hafshah_

Iklan

2 Komentar

  1. itu harganya berapa yah?

  2. To Refalya: harga apa yah?


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s