Asuransi Tradisional dan Investasi di Reksadana Sebagai Alternatif Unit Link

………..Melanjutkan Bahasan Asuransi dan Investasi sebelumnya………

Melanjutkan bahasan ummi tentang asuransi dan investasi yang terpisah, ummi akan share ttg pola yang sedang coba dijalani dengan pola perhitungan yang sederhana.

Setelah mendapatkan informasi bahwa investasi dan asuransi akan lebih optimal jika terpisah, ummi berusaha mencari informasi lebih jauh lagi ttg asuransi dan investasi. Beberapa perusahaan asuransi dihubungi untuk mendapatkan skema asuransi kesehatan dan asuransi jiwa dengan premi yang ringan tapi dengan proteksi yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan saat ini. Diskusi untuk mengetahui cara/model penghitungan sederhana juga dikerjakan.

Berikut adalah hasilnya, dan sedang dalam proses untuk dilakukan satu per satu. Jika ummi menyebutkan produk dan nama perusahaan asuransi tidak dalam rangka mempromosikan, krn ummi bukan agen asuransi dari perusahaan asuransi manapun. Ummi hanya share informasi yang sudah berhasil didapat. Dan dengan prinsip, segala informasi yang baik akan lebih bermanfaat jika disebarluaskan.

Untuk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa, ummi akhirnya memilih utk ikut produk asuransi kesehatan (dgn program telemarketing) dan asuransi jiwa dari 1 perusahaan yang sama, yaitu dari ax* yang bekerjasama dengan salah satu bank BUMN.

Berikut pola penghitungannya.

Alokasi dana untuk asuransi dan investasi : Rp 1.500.000,- (setara dengan 3 unit link yang pernah dimiliki @ Rp 500.000)

1. Asuransi Kesehatan

a. Jumlah peserta : 4 orang (ummi, abi, kk, dd)

b. Premi : Rp 461.000/bln atau Rp 4.610.000/thn (untuk ber4)

c. Manfaat :

  • Ranap : Rp 500.000/hari/orang (90 hari per tahun)
  • ICU : Rp 1.000.000/hari/orang (60 hari per tahun)
  • Bedah : Rp 5.000.000/orang
  • Transportasi : Rp 500.000/rawat inap

d. Bonus : No claim bonus jika tidak ada claim selama 5 tahun sebesar 100% (berarti dana balik semua, jika tidak ada claim)

            Note:

  • Ada beberapa alternative plan premi untuk asuransi ini. Ummi ikut yang di plan B.
  • Kalo mau lebih hemat bisa ambil premi yang Rp 65.000/bulan/orang (plan A) untuk manfaat Ranap Rp 250.000.
  • Atau kalo mau lebih besar lagi manfaatnya, bisa ambil plan C dengan premi Rp 200.000/bulan/orang dengan manfaat ranap Rp 750.000/hari.

– Atau plan D dengan premi Rp 265.000/bulan/orang dengan manfaat ranap Rp 1.000.000/hari.

– Disesuaikan dengan budget rumah tangga, dan kebutuhan akan asuransi kesehatan.

2. Asuransi Jiwa

Seperti yang selalu diingatkan oleh para perencana keuangan dan para ahli di bidang asuransi dan investasi, bahwa yang diikutkan ke asuransi jiwa adalah orang-orang yang mempunyai manfaat ekonomi dan memiliki tanggungan. Dalam contoh ini adalah ummi dan abi, krn ummi dan abi yang bekerja dan memiliki kk n dd sebagai tanggungan.

a. Jumlah peserta : 2 orang (ummi, abi)

b. Premi : Rp 1.500.000/orang/tahun atau 150.000/orang/bln

c. Uang Pertanggungan : Rp 500.000.000/orang

Note:

  • Uang pertanggungan dapat disesuaikan. Kalo dirasakan kurang, bisa di-upgrade menjadi Rp 1.000.000.000,- (satu milyar)/orang dengan premi cukup Rp 2.700.000/tahun/orang.
  • Uang pertanggungan disini maksudnya adalah sejumlah uang yang akan diberikan kepada ahli waris jika terjadi bencana pada peserta asuransi.
  • Nah, berapa byk uang pertanggungan yang akan diberikan kepada ahli waris kita, hanya kita yang dapat menghitungnya.
  • Setidaknya, usahakan anak2 yang kita tinggalkan tetap dapat melanjutkan hidupnya dengan lebih stabil dan terencana walaupun kita sudah tidak dapat mendampingi mereka lagi.
  • Lagi2, manusia hanya dapat berencana dan mempersiapkan dengan usaha terbaiknya.

3. Investasi

Untuk investasi, ummi belum mulai melakukannya. Masih dalam tahap mem-filter tempat2 ummi akan alokasikan dana yang tersisa. Walaupun dana yang akan di-investasikan tidak seberapa, selektif memilih perusahaan atau produk investasi tetap mesti dilakukan. Karena komitmen utk menjauhkan diri dan keluarga dari riba adalah penting, untuk keberkahan dunia dan akhirat. Memang jadi sedikit lebih sulit, apalagi dengan ilmu ekonomi syariah ummi yang sangat minim. Tapi, insyaAllah, tetap ikhtiar untuk belajar, sehingga ga salah pilih.

Nah, sementara ummi dapetin pilihan invetasinya, ummi share skema perhitungannya. Pola penghitungannya dibantu oleh teman ummi yang Alhamdulillah cukup mahir ngutak-ngatik angka2 dan rumus2 manajemen keuangan. Makasih ya om Sam, moga2 berkah ilmunya🙂.

Alokasi investasi:

Ummi punya alokasi Rp 739.000/bulan atau Rp 8.868.000/tahun selisih dana yang dapat di-investasikan. Kalo menurut perhitungan, akan lebih menguntungkan jika ummi invest rutin n konsisten per bulan walo hanya Rp 739.000, daripada dikumpulin dulu Rp 8.868.000 selama 1 tahun baru di-inves.

Untuk memudahkan perhitungan, ummi kasih gambaran ringkasnya, hasil dari perhitungan investasi ummi selama 10 tahun. Sama seperti program kepesertaan unit link yang 10 tahun. Kira2, hasilnya akan seperti ini.

Keterangan:

a. Return yang tercamtum adalah return standar, return dapat lebih tinggi dan fluktuatif selama 10 tahun. Untuk mudahnya dibikin standar dan stabil.

b. Proporsi 60%-40%, 70%-30%, 80%-20% disesuaikan dengan profil resiko masing2 kita yang mau invest.

c. Produk real dari reksadana campuran masih belum ditentukan, karena masih ngumpulin informasi, spy seluruh hasil investasi halal dan thayyib 

Nah, sekarang silahkan dibandingkan di table ilustrasi produk unit link. Ambil contoh unit link punya abi, table ilustrasi kk n dd udah dikembalikan, karena dalam proses penutupan polis. Nilai tunai dari unit link abi di tahun ke 10 sebesar Rp 52.633.000 (asumsi sedang), dan Rp 66.659.000 (asumsi optimis). Misalkan nilai tunai kk n dd juga di angka yang sama (tp seinget ummi nilai tunai kk n dd agak sedikit lebih kecil). Nah, tinggal dikalikan 3 aja. Maka nilai tunai akan sebesar Rp 157.899.000,- (asumsi sedang), atau Rp 199.977.000,- (asumsi optimis).

Sudah terlihat perbedaannya kan ya?

Petualangan hunting produk2 asuransi sudah selesai dulu. Petualangan slanjutnya cari produk investasi yang sip. Tunggu laporannya ya…🙂

Supaya balance, unit link jg ada poin positifnya. Bisa baca tuntas di link Bisnis Keuangan

Semoga bermanfaat. Mohon share-nya kalo tulisan saya ada yg krg sesuai.

Terimakasih

_walo hanya rencana, tetap upayakan yang terbaik sesuai dengan kemampuan terbaik qt_

11 Komentar

  1. Assalamu’alaikum wrwb, ada banyak faktor yg perlu dilihat utk membandingkan suatu produk dan menentukan suatu pilihan.
    Saya ada beberapa pertanyaan awal:
    1. Apakah Asuransi Kesehatan yg diambil terpisah tersebut asuransi syariah..?
    2. Apakah Asuransi Jiwa yg terpisah tersebut asuransi syariah..?
    3. Jika terjadi resiko sakit kritis seperti kanker, jantung, stroke, dll pada pencari nafkah apakah dia masih bisa melanjutkan berinvestasi..?
    4. Bisakah disebutkan reksadana campuran apa yg return nya 20% seperti ilustrasi diatas?

    Salam ukhuwah,

    Puarman

  2. wa’alaikumussalam wr. wb. sbelumnya terimakasih bwt responnya.

    utk pertanyaan 1 & 2, saat ini kami belum menggunakan produk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yg syariah. krn bbrp perusahaan yg mengeluarkan produk syariah, belum dapat memenuhi kebutuhan proteksi kami. smentara kami msh mencari produk yg syariah, kami menggunakan yg biasa dl, dg alasan utk mencegah adanya masa yg tanpa proteksi.
    kami jg sempet kosultasi & membaca terkait asuransi syariah, yg kami simpulkan adalah: krn asuransi yg kami ikutkan adalah asuransi murni, yg tdk d gabungkan dg investasi, maka scr sistem dasarnya asurnasi tsb sesuai dg prinsip2 syariah, yaitu kebutuhan utk saling menolong (taawun). nah, jika asuransi d gabung dg investasi, mesti d pilih produk yg syariah, krn terkait dg pemilihan instrumen investasi yg hrs sesuai dg aturan syariah. insyaAllah, jika ada asuransi yg benar2 syariah, & dpt memenuhi kebutuhan kami, kami akan menggantinya, krn asuransi yg kami ikuti saat ini tdk ada ikatan kontrak periodenya.

    pertanyaan k’3, terkait dg penyakit kritis, sy jg mau bertanya sblm nya. apakah pertangungan penyakit kritis yg d tawarkan dalam asuransi unitlink, itu utk biaya pengobatan atau hanya santunan? apakah ada syarat2 tertentu utk dapat mencairkan sejumlah dana tsb?

    asuransi jiwa yg kami gunakan saat ini, menggunakan rider kecelakaan. memang blum lengkap dg penyakit kritis. bs d tambahkan, hanya saja premi-nya hrs lebih lg. utk taun ini, kami menggunakan prioritas, yg bnr2 kami butuhkan sj & sesuai dg kemampuan kami.
    asuransi jiwa dg rider kecelakaan sebesar 100jt, jika tjd kecelakaan yg tdk diinginkan tjd pd kami, maka sejumlah dana tsb akan kami terima (tdk perlu menunggu sampe meninggal). menurut rencana kami saat ini, sejumlah dana itu-lah yg akan kami kelola utk dapat diinvestasikan utk keperluan jangka panjang kami. rencananya, rider dg pertanggungan 100jt terlihat sangat sedikit, jika d masukan dlm perencanaan kami, taun dpn (smoga d beri kemudahan) kami mau meng-upgrade pertanggungan kami.

    utk pertanyaan k’4, saat tulisan itu d buat, memang dalam kondisi kami blm menentukan pilihan RD, msh mencari. kami menggunakan asumsi.
    skrg kami sudah punya RD d campuran (danareksa syariah berimbang), dan RD saham (manulife syariah sektoral amanah). kl sy pantau d infovesta, kedua saham ini kl d lihat per tahun memang antara 15-20%, tp kl d liat kinerja dlm 3 thn bs smp 80%-an, kl d rata2 asumsinya bs 20-25%. krn invetasi yg d RD memang sy alokasikan utk tujuan jangka panjang, d atas 10-15th.

    begitu kira2, pak. kami jg br sadar sm investasi, jd memang blm bs menunjukkan hasil2 scr real. tp scr itung2an, skemanya cukup layak kami coba🙂

    terimakasih

    salam

  3. Maaf No hp diatas yang benar adalah 0856 8809 666

    salam,
    Puarman

  4. untuk puarman: kok tiba2 ngasih nomor HP? kayanya diatas gak ada yg tanya deh..

    btw mau tanya sama si penulis:
    1. kalo ikut yg tradisional bukannya bisa tambah dengan penyakit kritis ya? tapi biasanya preminya tambah.

    2. buat puarman, emang diunitlink resiko penyakit kritis sertamerta dapet ya? bukannya ada klausul2 setelah beberapa lama ikut investasi atau bgm. soalnya temen2 baca dikontral polisnya gitu.. gak tau deh.. kalo unitlink yang bener..

    oiya, buat syariah. asuransi itu sebenarnya sudah menganut syariah, karena atas dasar tolong menolong. bila tidak diikuti dengan investasi. tapi kalo dia asuransi to’ kayanya sudah syariah deh…

    sori.. masih awam niy..

  5. Salam kenal mas jefri

    Ana ga tiba2 ngasih nomor hp, tp itu adalah ralat signature diatasnya yg salah tulis..

    Oh ya, klaim penyakit kritis diberikan jika peserta memenuhi kriteria sakit kritis dan polis telah berjalan 90 hari

    salam ukhuwah,

    puarman

  6. @jefri:
    iya, emang ada tambahan rider utk penyakit kritis. tp memang d skema asuransi yg kluarga kami ikuti, utk taun ini blm masukin unsur penyakit kritis. krn keterbatasan dana yg ada, kami hrs pake prioritas, agar bbrp PLAN keuangan kluarga kami tetap jalan, tnp menelantarkan kebutuhan proteksi. konsekuensinya, proteksi (asuransi) yg kami prioritaskan taun ini utk yg urgent2 dl. memang sih, ga ada yg jamin, taun ini kami tdk terkena penyakit kritis. tp kami mengupayakan yg terbaik sesuai dg kemampuan kami.
    insyaAllah, utk taun dpn, bs lebih baik PLAN utk proteksinya.
    sepertinya, tdk terlalu mahal jg upgrade preminya. misal: utk rider kecelakaan dg uang pertanggungan 100jt, sy cukup menambah premi kurang dr 150rb/thn. smoga premi utk rider penyakit kritis jg tdk terlalu mahal, dg UP yg wajar tentunya🙂

    @pak puarman:
    nah itu dia, pak. sy ini sebetulnya termasuk orang yg sangat malas membaca detil polis. jd sy tdk paham benar apa saja syarat/kriteria penyakit kritis. dan krn sy sdh menutup 3 unitlink sy, sy g bs cari tau kriterianya. bs tlg di-share, pak?
    sy cm sempat mendengar skilas dr penjelasan/share teman2 yg lebih sadar utk membaca polis. misal: utk penyakit gagal ginjal, uang santunan br akan keluar, jika kondisi ginjal sdh tdk dpt d lakukan tindakan medis sama skali, termasuk tdk bs lg d lakukan cangkok ginjal. & hrs ginjal kanan-kiri yg mengalami kondisi tsb. jk salah 1 msh berfungsi, maka blm dpt claim penyakit kritis.
    krn sy blm membaca polis dg lengkap, sy jg tdk tau kebenarannya. krg lbh spt itu. kebetulan agen sy dl, blum sempat memberikan penjelasan scr detil atas hak & kewajiban sy sbg nasabah (pemegang polis)

    terimakasih

    salam

  7. saya seorang pengusaha kecil yg masih awam tentang asuransi dan investasi tapi saya mau dua2nya optimal dan gak memberatkan saya. sebab saya punya teman anak2nya diikuti Pru****al ada 4 orang anak yang masing2 500rb/bulan. Berarti kan teman saya harus menyisihkan 2jt buat anak2nya saja tiap bulan untuk asuransinya, belum lagi untuk dirinya atau istrinya (mungkn dapet dari kantor kali ya..). Bagi saya itu sangat memberatkan, mengingat 2jt perbulan itu bisa buat nambah2 modal dan perputaran usaha saya.

    untuk itu saya minta dong. skema asuransi terbaik buat saya seperti apa, yg tidak memberatkan saya dengan status pengusaha kecil dan manfaatnya optimal (saya punya istri dan 2 anak). sebab saya nilai teman saya tidak optimal, anak2nya sudah 5th ikut tapi investasinya baru sekitar 13jtan per anak, bagi saya itu tidak optimal.

    pertanyaan untuk TS:
    1. TS namanya siapa? ummu hafshah, ummiya atau bimaa? saya cari2 di google gak ketemu yg spesifik, ada biografinya?

    2. TS perencana keuangan atau bukan? soalnya saya baca2 kok isinya ringan tapi berbobot ya.. saya ingin konsultasi lebih lanjut mengenai cashflow dan perencanaan keuangan buat keluarga

    3. TS kalo ada jadwal pembicara seminar mohon saya dikabari lewat blog ini ya.. karena blog ini akan saya pantau terus..

    thanks…

  8. @pak anto:

    1. perkenalkan, nama saya vega lavlinesia, istri dari bimaa, biasa d panggil ummiya (oleh anak2 & suami), & (terbiasa) menggunakan ummu hafshah d bbrp tulisan ato postingan.
    hmm…utk smentara ini, searching nama sy d om gugel jg g bs dapet data apa2, pak. maklum, msh sebatas berbagi lwt tulisan aja🙂
    sy ini termasuk ibu2 yg gaptek & sdikit malas mengelola akun sendiri. lbh senang meng-optimalkan akun yg sdh ada. caranya? berbagi akun FB & blog dg suami. kecuali, nanti dpt hadiah my own web dari suami tercinta. itupun, bakalan d kelola sm beliau🙂
    sy alumni univ. negeri d kota pelajar, alhamdulillah d fakultas ekonomi, jd cukup familiar dg hal2 yg berbau uang & perencanaan.
    skrg, sy bekerja d daerah gatot subroto, yg alhamdulillah, msh punya cukup waktu luang yg bs sy gunakan utk byk baca, & (smoga) byk nulis.

    2. saat ini, sy cukup PEDE bwt blg YES, I AM FINANCIAL PLANNER, for my own family🙂
    soale dulu mah peran sy cm bagian pembukuan penerimaan & pengeluaran rumahtangga, coz our family did not have any plan to achieve.
    tp, emang sih, br sebatas lokal d rmh tangga sendiri. soale I have no certificate yet.
    sy cuma berguru dg orang2 hebat d dunia financial planner melalui buku dan tulisan2 online mereka. selebihnya, sy combine dg diskusi dg bbrp teman yg memang punya hobi yg sama. then, we have all these FINANCIAL PLAN things. belum sempurna, tp cukup layak utk kami coba.

    utk perencanaan keuangan, smua d mulai dr 1 hal : TENTUKAN TUJUAN KEUANGAN KELUARGA ANDA. kl minjem kata mba Ligwina Hananto dr qmfinancial : TUJUAN LO APA!!

    nah, dr tujuan2 keuangan td itu, qt tentukan PRIORITAS. kl udah , br deh bisa d urai 1 per 1, brp besar alokasi investasi & tabungan yg hrs qt kluarkan scr bulanan dan taunan, kpn tujuan2 itu hrs tercapai. & smuanya fleksibel utk d revisi, sesuai dg kemampuan yg ada d setiap momennya.

    terakhir, KOMITMEN.

    simple ya? tp memang butuh usaha yg niat🙂

    kl saran awal dr sy, utk pak anto & keluarga, tujuan keuangan yg paling prioritas adalah:
    1. asuransi (jiwa, kesehatan, rumah, mobil)
    2. dana darurat
    3. dana pensiun
    4. dana pendidikan anak2

    tujuan keuangan lainnya bs d sertakan sesuai dg prioritas pak anto & keluarga. kl berkenan, pak anto bs kirimkan data2 keuangan keluarga & usaha (bisnis) pak anto k email sy d vega.lavlinesia@gmail.com.

    utk bisnis pak anto, jujur sy blm ada pengalaman pribadi dlm mengelola bisnis. ini memang jd PR sy bwt hobi bisnis🙂
    tp, yg sy pahamin (hsl baca2, n ngamatin teman2 yg berbisnis), wajib yg namanya misahin uang perusahaan & uang pribadi. ini udah d contohin dr jamannya Rasulullah SAW dan istri beliau (Siti Khadijah). jd, pak anto tau dg jelas, mana yg namanya uang bisnis, mana yg emang hak/jatahnya pak anto dr bisnis yg bs d bw pulang (baca: penghasilan). ini utk memastikan, usaha pak anto tetap jalan & berkembang, tanpa harus terus menerus “membebani” cashflow keuangan keluarga.

    3. sy jd pembicara d seminar?? amiiin allahumma amiin. utk bbrp waktu k depan, sy msh duduk d bangku peserta dl, pak. sy investasi d diri sy dl. pak anto bs cb ikut acara2 dr financial planner yg udah berpengalaman, nanti bs share dg sy & teman2🙂

    terimakasih sudah mengikuti tulisan2 d blog ini. insyaAllah, kl pekerjaan kantor mendadak bikin sy “ngantuk”, sy upload tulisan2 lagi d blog ini ato d FB mahesa bima.

    terimakasih

    salam

  9. Assalamu’alaikum mbak, boleh tau nggak ya nama produk asuransi di ax* m*ndiri itu yang mana? soalnya saya coba cek ke websitenya, kebanyakan kok jenisnya unitlink yah? Lagi cari2 nih asuransi yang cocok buat saya n suami, hehehe….. Oya btw kalo tebakan saya ttg mbak bener, saya adik kelas mbak vega di FE dulu loh, angkatan 2004😀 thanks in advance🙂

  10. Saya senang sekali bs baca blog ini, krn blog ini menurut saya sangat netral dan tidak menuding atau menyalahkan pihak unit link atau tradisional, smua dikupas scara baik, dikemas dengan informatif,,, bukan malah menjatuhkan dan melontarkan pernyataan negatif ke setiap pihak didalamnya. Andaikan semua financial planner seperti ini.. Pasti akan baik,dan masyarakat dapat menilai dgn nyata,, mana produk yg harus mereka ambil, tanpa menggurui dan memaksakan kehendak konsumen.. Sehingga merugikan sekali pihak2 yang lain.. Sy suka dibingungkan oleh perang financial konsultan,tp saya ttp pelajari juga yg mana yg baik buat saya tentunya… Smoga ummi dan abi di berikan terus berkah dan limpahan yaa,krn telah memberi edukasi kepada kita dgn baik dan netral. Terus terang saya pemakai asuransi unit link,yg menurut saya asuransi terbaik saat ini,krn byr premi cm 10 thn aja wlpun agak mahal,, tp ujung2nya kan seolah-olah gratis preminya.. dan saya jg ikut reksa dana campura jg sbg pelengkap investasi saya pensiun nanti.. Jadi saya ambil kedua2nyaa.. Saya tdk ambil asuransi hangus,krn asumsi bs saja saya masuk rs 5 thn sekali,akan sgt merugikan saya,apalagi harus bayar terus dan terus sampai tua.. Ia kalau pensiun punya uang lebih untuk bayar,klo enggak kan sayang.. Iya kalau kontrakku mau diperpanjang,klo diputuskan sepihak oleh perusahaan asuransi..? Metong deh.. Jd put in unit link saja,krn hanya 10 thn byr ( tanpa hiraukan hasil invest jd brp) yg penting coveran asuransi jalan terus sampai tua… (mereka tdk akan memutuskan sepihak loh) wlpun kita pp rs setiap tahun.. Ada pasalnya dan sy sudah baca. Tp dgr2 hanya ada di asuransi P aja,yg lain ga ada.. Nah kalau investasi yah ambil dong reksa dana lagi sbg pelengkap kedua.. Jd tabungan hr tuanya buanyakndeh.. Seru kan… Mgkn Sekian pengalaman sy sbg nasabah. Smg bermanfaat.. Yaah…

  11. @pak hank alie:
    aamiin…smoga pak hank alie jg senantiasa d berikan nikmat terbaik dr Sang Maha Baik. alhamdulillah kl tulisan sederhana bs ksh input yg netral utk yg baca, krn sbenernya bukan si produk yg salah, tp orangnya yg memposisikan produk tsb dg kurang tepat ^^

    pd dasarnya, smua keputusan investasi itu akhirnya akan kembali kpd si investor jg, erat kaitannya dg tujuan finansial masa depannya, profil resikonya, dan (pastinya) kemampuan ekonominya. kl emang punya kelebihan alokasi bulanan dan atau tahunan, shg bs ambil unitlink plus reksadana, alhamdulillah…ga ada masalah.

    cm yg d soroti d sini adalah, dg jumlah uang yg sama, bs mendapatkan manfaat yg lbh optimal jika menggunakan asuransi dan investasi scr terpisah. sbenernya, di unitlink itu stlh taun ke 10 (slesai byr premi), bukan berarti premi qt d tahun2 seterusnya itu gratis pak, alie. tp d ambil dr investasi qt yg telah terbentuk (yg ga sberapa itu). silahkan d konfirmasi ke agen nya, atau baca kembali polisnya. istilahnya, there’s no free lunch ^^ coba aja liat smua promo2 cashback atau lainnya, sbenernya ya tetep qt yg byr smua harga2 (normal) tsb, krn pasti ada tanda *syarat dan ketentuan berlaku.

    kmrn ini sy sempet survei asuransi (murni) baru, utk alternatif asuransi jiwa dan kesehatan sy yg hrs d perpanjang per juni nanti. ada juga loh yg nawarin ga hangus, tp bukan unitlink. tp mmg preminya jauh lbh mahal d banding dg yg tradisional (utk jumlah uang pertanggungan yg sama). tp biasanya mmg d pake sm nasabah yg udah kebanyakan uang, dan pengen d proteksi tanpa ada kata hangus. sayang bgt…budget RT kami blm masuk ke produk tsb ^^

    kalo boleh tau, pak alie pake yg proteksi kesehatan brp? dan uang pertanggungan utk as.jiwanya brp besar? dan siapa yg menjadi tertanggung?

    nuhun sanget utk share-nya ^^

    _ummiya_


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • RSS News and Tutorial

    • Hukum Cerai di Masa Depan Desember 3, 2016
      HUKUM TALAK MASA AKAN DATANG Assalammu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Bismillahirrahmaanirrahim, Selamat siang Ustadz yang dirahmati Allah SWT, mohon maaf mengganggu waktunya.. Saya ingin bertanya terkait permasalahan keluarga. Pada saat ini saya sedang menjalani masa iddah dengan Istri saya (sedang dalam masa iddah talaq 1). Dan Istri saya pada s […]
      Konsultasi Syariah
    • Tidak Direstui karena Wanita Lebih Tua November 14, 2016
      HUBUNGAN TIDAK DIRESTUI KARENA UMUR WANITA LEBIH TUA Assalamualaikum ustad, perkenalkan nama saya laki-laki, saya memiliki sedikit problem yg tidak bisa saya pecahkan sendiri. Saya memiliki seorang kekasih (wanita) sebut saja Putri (nama samaran) yang berusia 4tahun lebih tua dibandingkan dengan usia saya. Hubungan kami berjalan atas dasar sama sama suka. Ke […]
      Konsultasi Syariah
    • Hukum Najis di Jalanan di Musim Hujan November 12, 2016
      HUKUM NAJIS AIR DAN TANAH DI JALAN SAAT MUSIM HUJAN Asslm wr wb. Saya mau menanyakan tentang najis saat musim penghujan, saat musim hujan tidak jarang rumah saya tergenang air (banjir) yang berasal dari lubang tempat pembuangan air, dan lubang pembuangan air tersebut tempat membuang najis seperti kencing dsb. Yang saya tanyakan 1. Apakah air banjir yang bera […]
      Konsultasi Syariah
    • Hukum Menutup Aib Dosa November 12, 2016
      HUKUM MENUTUP MEMBUKA AIB DOSA DIRI SENDIRI Assalamualaikum ustadz, saya sedang bingung karena sahabat saya (seorang istri) yg terus menerus curhat mengenai penyesalannya karena telah selingkuh dari suaminya. Dia dirayu terus menerus hingga akhirnya berzina dengan laki-laki lain. Namun suaminya tidak mengetahui bahwa sang istri selingkuh. TOPIK SYARIAH ISLAM […]
      Konsultasi Syariah
    • Suami Ingkar Ucapan Talak November 6, 2016
      SUAMI TIDAK MENGAKUI (INGKAR) UCAPAN TALAK Assalamua'alaikum wr wb perkenalkan saya laki-laki, saya mau mengajukan pertanyaan dan mohon solusinya ustad Saya adalah pria 36 tahun dan menikah sudah 7 tahun, jadi begini ustad, pada saat kira2 usia perkawinan saya 1 tahun, saya bertengkar hebat dengan istri karena dia suka membantah, pada saat itu istri sem […]
      Konsultasi Syariah
  • RSS news.detik